Pelatihan Akuntansi Perpajakan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan

Pelatihan Akuntansi Perpajakan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan

Pelatihan Akuntansi Perpajakan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan ini didisain untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai perlakuan akuntansi perpajakan aplikatif untuk penyusunan Laporan Keuangan dan proses rekonsiliasi Laporan Keuangan Komersial dan Laporan Keuangan Fiskal.

Pelatihan Akuntansi Perpajakan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan

training Akuntansi Perpajakan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan

Setiap perusahaan wajib dalam menyusun Laporan Keuangan Komersial dan Laporan Keuangan Fiskal yang dapat memberikan gambaran terkini mengenai kondisinya. Setiap entitas atau perusahaan wajib membayar pajak terhadap negara, dan tentunya laporan harus dibedakan untuk kepentingan komersial maupun pajak.

Perbedaan

Laporan keuangan komersial disusun sesuai dengan standar-standar yang sudah di tentukan sesuai dengan prinsip akuntansi yang memiliki sifat netral atau tidak memihak. Sementara laporan fisikal adalah sebuah informasi akuntansi yang dibuat untuk kepentingan pajak. Penyajiannya harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang sudah berlaku bersama aturan pelaksanaanya.

Perusahaan berkewajiban menyusun laporan keuangan sesuai dengan peraturan fiskal sebab sebagai dasar penentuan SPT PPh. Laporan keuangan perusahaan seharusnya disusun dengan mengacu pada standar akuntansi komersial. Dari hal ini perusahaan melakukan penyesuaian fiskal (koreksi fiskal) buat memenuhi kebutuhan pelaporan pajak.

Keuntungan atau kerugian komersial tadi harus dilakukan penyesuaian atau koreksi-koreksi fiskal sinkron menggunakan Undang-Undang angka 17 Tahun 2000 buat menghitung PPh terutang. Penyesuaian tadi dilakukan sebab ada disparitas besarnya laba atau kerugian berdasarkan perhitungan akuntansi komersial menggunakan akuntansi fiskal.

Materi Pelatihan Akuntansi Perpajakan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan

1. Laporan Keuangan Fiskal

  • Pendekatan dalam penyusunan Laporan Keuangan Fiskal
  • Prinsip Akuntansi dan Pajak atas Penghasilan
  • Prinsip Akuntansi dan Pajak atas biaya

2. Akuntansi Fiskal atas Biaya-biaya

3. Akuntansi Fiskal atas Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap

4. Akuntansi Fiskal atas Sewa Guna Usaha dengan Hak Opsi

5. Akuntansi Fiskal atas Untung/Rugi Selisih Kurs

6. Rekonsiliasi Laporan Keuangan Komersial dan Laporan Keuangan Fiskal

  • Sebab-sebab terjadinya perbedaan
  • Beda waktu (timing difference) dan beda tetap (fixdifference)

7. Diskusi dan Studi Kasus

Perbedaan Pendapatan antara Pajak dan Akuntansi

Pelatihan Akuntansi Perpajakan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan

Konsep penghasilan berdasarkan akuntansi serta perpajakan tidak sama. Ini ialah hal yang wajar, mengingat tujuan dan penghasil kebijakan di ke 2 laporan keuangan tersebut juga tidak sama. pada akuntansi atau komersial, pendapatan (revenue) dan penghasilan (income) ialah hal yg tidak sama, namun keduanya masuk dalam laporan keuangan, sedangkan pada akuntansi pajak atau fiskal pendapatan merupakan penghasilan.

Definisi pendapatan dari IFRS dalam IAS 18, Pendapatan atau revenue ialah arus masuk bruto atas manfaat ekonomi selama periode tertentu yang timbul dari aktivitas biasa dari suatu perusahaan atau entitas di mana arus kas masuk tadi membentuk peningkatan ekuitas, selain dari peningkatan yg terkait donasi dari para pemilik kapital.

Sedangkan, berdasarkan UU No. 36 Tahun 2008 Pasal 4 ihwal Pajak Penghasilan, penghasilan ialah setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh oleh wajib Pajak, baik asal dari Indonesia atau luar Indonesia yang bisa digunakan buat konsumsi atau menambah kekayaan wajib Pajak menggunakan nama serta pada bentuk apapun.

Selanjutnya pajak merinci penghasilan kedalam 3 kategori, yaitu; penghasilan yang artinya objek pajak, penghasilan yang dikenakan pajak final, serta penghasilan yg bukan merupakan objek pajak penghasilan.

Metode

1. Presentation
2. Discuss
3. Case Study
4. Evaluation
5. Pre-Test & Post-Test
6. Games

Peserta Training Accounting for Taxation in Preparing Financial Statements

Directors, Finance Controllers, Managers, Supervisors, Consultant, Accountant, Tax Specialist.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan Akuntansi Perpajakan Dalam Penyusunan Laporan Keuangan ini, anda bisa langsung menghubungi nomer admin kami di 0813-9174-4490

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *