Pelatihan Managing HR Competency

Pelatihan Managing HR Competency

Pelatihan Managing HR Competency – Model kompetensi untuk manajer SDM baik di sektor swasta dan sektor publik hampir sama. Manajer SDM di kedua sektor bertanggung jawab untuk menciptakan dan mempertahankan tenaga kerja yang produktif dan lingkungan kerja yang positif.

Pelatihan Managing HR Competency

training Managing HR Competency

Kantor Manajemen Personalia AS, agen federal yang bertanggung jawab untuk mengawasi manajemen tenaga kerja bangsa, memiliki model kompetensi yang jelas untuk para pemimpin sumber daya manusia. Profesional SDM membutuhkan ketajaman bisnis, keahlian SDM, kualitas kepemimpinan dan kemampuan untuk menetapkan SDM sebagai advokat.

Selain itu, OPM menggambarkan profesional SDM sebagai agen perubahan. Untuk memenuhi peran ini, manajer SDM harus memiliki empat kompetensi utama: komunikasi, kemampuan analisis, keterampilan membangun hubungan, dan kualitas kepemimpinan.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi admin kami dibawah ini.

Wa/Telphone: 0813-9174-4490

Ikuti Juga: Pelatihan Managing Effective Program

Materi Training Managing HR Competency

1. Sifat Umum dan Pengertian Kompetensi SDM
2. Konsep dan Model Kompetensi
3. Mengidentifikasi dan Mengembangkan Kompetensi
4. Indikator Perilaku dalam Kompetensi
5. Level Kometensi untuk setiap jabatan
6. Manajemen SDM berbasis Kompetensi
7. Pemanfaatan Kompetensi SDM
8. Penilaian Kinerja berbasis Kompetensi

Manfaat Pelatihan Managing HR Competency

1. Memperoleh pengetahuan dasar Kompetensi Sumber Daya Manusia
2. Memahami langkah – langkah mengembangkan kompetensi
3. Menerapkan model kompetensi dalam praktek
4. Melaksanakan penilaian kinerja karyawan secara efektif berdasarkan kompetensi

1. Komunikasi

Manajer SDM harus dapat berkomunikasi dengan semua orang di tempat kerja – mulai dari staf lini hingga kepemimpinan eksekutif. Selain itu, keterampilan komunikasi penting bagi manajer SDM untuk berinteraksi secara efektif dengan penyedia outsourcing, pemimpin serikat pekerja, pejabat publik dan karyawan, calon karyawan dan kolega. Mereka perlu tahu kapan harus menyesuaikan keterampilan komunikasi mereka kepada audiens dan situasi. Sebagai contoh, manajer SDM harus mampu menyampaikan pentingnya praktik ketenagakerjaan yang adil kepada tim eksekutif perusahaan dengan keaslian dan semangat yang sama seperti yang mereka lakukan kepada karyawan per jam.

2. Berpikir Analitis dan Kritis

Keterampilan berpikir analitis dan kritis adalah suatu keharusan bagi para pemimpin SDM. Manajer SDM harus melakukan penilaian yang baik dan terlibat dalam pengambilan keputusan berdampak tinggi di sejumlah bidang.

Kemampuan untuk menganalisis situasi dan melihat implikasi keputusan tertentu dari perspektif kritis sangat berguna bagi para pemimpin SDM. Misalnya, keputusan untuk melakukan outsourcing satu atau beberapa fungsi SDM bukanlah sesuatu yang terjadi tanpa mempertimbangkan dampak outsourcing terhadap karyawan individu maupun organisasi secara keseluruhan.

Manajer SDM juga terlibat dalam mewakili perusahaan dalam hal-hal yang melibatkan litigasi ketenagakerjaan, yang mengharuskan mereka untuk membenarkan tindakan perusahaan terkait dengan keputusan ketenagakerjaan seperti perekrutan dan pemecatan.

3. Membangun Hubungan

Membuat departemen SDM yang kohesif yang bekerja secara kolaboratif untuk mencapai tujuan departemen serta membantu organisasi mencapai tujuannya terkait dengan pengembangan tenaga kerja adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh manajer SDM.

Keterampilan membangun hubungan dan hubungan interpersonal merupakan hal mendasar bagi keberhasilan manajer SDM. Salah satu tantangan yang dihadapi SDM adalah membangun kredibilitas dengan karyawan – banyak karyawan menyamakan departemen SDM mereka dengan kantor kepala sekolah, yang menunjukkan tingkat intimidasi dan keraguan terkait dengan pandangan mereka tentang tujuan SDM.

Karena itu, seorang manajer SDM harus memiliki kemampuan untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan serta menyeimbangkan kewajiban untuk menjadi penasihat bagi organisasi dan karyawannya.

4. Kepemimpinan

Pelatihan Managing HR Competency

Keterampilan kepemimpinan adalah kompetensi penting bagi manajer SDM. Manajer SDM bertanggung jawab untuk membuat rencana strategis untuk departemen SDM serta tenaga kerja secara keseluruhan.

Oleh karena itu, keterampilan kepemimpinan sangat penting, terutama dalam proses membenarkan elemen fungsional dari rencana strategis kepada tim manajemen perusahaan.

Selain itu, manajer SDM harus mengarahkan kegiatan departemen SDM, dan dalam melakukannya, mereka memerlukan jenis keterampilan kepemimpinan yang memengaruhi komitmen generalis SDM dan spesialis SDM terhadap tujuan departemen SDM.

Ikuti Juga: Pelatihan Managing General Affairs Excellence

Sasaran

1. Memiliki pemahaman kompetensi secara baik bagi kebutuhan perusahaan
2. Memahami keterkaitan kompetensi dengan sistim manajemen SDM
3. Mampu mengimplementasikan model kompetensi didalam perusahaan secara terintegrasi
4. Memiliki kemampuan menyusun kompetensi dan mengelola SDM secara baik

Peserta

1. HR Manager
2. Pimpinan departemen / staff HR yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai proses rekrutmen
3. Staff Industrial Relation / Staff General Affairs

Segera ikuti Pelatihan Managing HR Competency ini, untuk informasi lebih lanjut bisa langsung tanyakan pada admin kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *